Kamis, 27 Agustus 2009

Mengenal sofware Stella

Stella adalah salah satu Metode atau Cara atau Prosedur dari suatu penelitian yang dapat mempermudah seorang peneliti untuk melakukan sistem identifikasi masalah, merumuskan masalah, menentukan prosedur penelitian yang digunakan secara rinci, penggunaan desain yang tepat serta melaporkan hasil-hasilnya yang dapat dipertanggung jawabkan.Konteks pemikiran sistem diperjelas oleh Suyono dan Subrata (2004:4) lebih diperjelas dengan menyatakan bahwa; untuk memecahkan masalah dan mempermudah perkiraan-perkiraan kedepan yang hasilnya diharapkan mendekati kenyataan yang sebenarnya, yaitu melakukan pengembangan model mental melalui proses berpikir seseorang. Proses berpikir dibentuk dalam suatu model, yaitu yang disebut dengan Cara Berpikir Tersitem atau System Thinking.
Kemudian Suyono dan Subrata (2004:4); juga menyatakan bahwa, cara Berpikir Sistem tersebut mengandung sederetan pengertian, yaitu: Paradigma, Metode dan Bahasa; yang merefleksikan model mental, menstimulasikan model dengan lebih tepat dan dapat dipercaya, serta mengkomunikasikannya dengan lebih efektif. Dan kemudian Berpikir Sistem menganut 3 pendekatan yang menjadi pedoman keterampilan dalam pengembangan sistem itu sendiri, yaitu; Berpikir bahwa Sistem sebagai Penyebab (System as Cause Thinking), Berpikir secara Operasional (Operational Thinking), dan Berpikir dalam Putaran Tertutup (Closed-Loop Thinking).
Paradigma cara berpikir tersistem dengan memakai Program Stella dapat menghasilkan berbagai kemajuan dalam hal; cara lebih berpikir dinamis, cara pandang yang lebih komprehensif, cara berpikir tersistem, cara berpikir operasional, cara berpikir sistem loop tertutup, cara berpikir yang tidak linier, cara berpikir ilmiah. Dalam hal ini, Software Stella adalah salah satu Metode atau Cara atau Prosedur dari suatu penelitian yang dapat mempermudah seorang peneliti untuk melakukan, identifikasi masalah, merumuskan masalah tersebut dengan tepat, menentukan prosedur penelitian yang digunakan secara rinci sehingga memungkinkan dapat dipergunakan oleh peneliti lain mengulangi penelitian yang sama, penggunaan desain yang tepat serta melaporkan hasil-hasilnya yang dapat dipertanggung jawabkan.
Bahasa dalam Software Stella akan menerjemahkan perkiraan hubungan antar variabel ke dalam suatu set peralatan yang menggambarkan keseluruhan sistim berpikir yang ada, sehingga dapat dengan mudah dipahami, disempurnakan dan selanjutnya dapat dikembangkan menjadi suatu model mental yang lebih akurat.
Fungsi Software Stella adalah menciptakan suatu model, dan dari model tersebut selanjutnya dapat dilakukan simulasi, analisis dan komunikasi. Cara program Stella bekerja adalah melalui tahap-tahap sebagai berikut:
1. Mapping dan Numerating.
2. Simulating.
3. Analyzing.
4. Communicating.
Mapping dan Numerating adalah suatu tahap menerjemahkan pola pikir ke dalam bentuk peta yang disebut Level Peta/Model (Model Level/Map), yang dilanjutkan dengan proses pengurutan dan penghitungan angka-angka masukan. Simulating adalah suatu tahap di mana program melakukan proses terpola dalam bentuk grafik atau tabel, setelah dilakukan intervensi pada angka dalam tabel-tabel atau pada grafik yang ada. Analyzing adalah tahap di mana program menunjukkan alternatif hasil perubahan dari adanya intervensi simulasi data masukan atau grafik. Communicating adalah suatu proses transformasi hasil kerja program secara informatif, yang menggambarkan secara sederhana dan mudah dimengerti oleh pada pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar